PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: NURUL INDAH SYAH , 1513034023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59985/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59985/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59985/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59985/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil pretest siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan hasil pretest siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil posttest siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan hasil posttest siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil pretest dan posttest siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, (4) perbedaan hasil pretest dan posttest siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (5) pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 dan kelas X IPS 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil pretest siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan hasil pretest siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan hasil posttest siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan hasil posttest siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) ada perbedaan hasil pretest dan posttest siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, (4) ada perbedaan hasil pretest dan posttest siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (5) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di MAN 1 Bandar Lampung. Kata kunci: pengaruh, model student facilitator and explaining, hasil belajar.