PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: Dito Prasetyo, 1513069014
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59978/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59978/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59978/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59978/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh Dito Prasetyo Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Tematik pada peserta didik kelas V SDN 5 Karang Anyar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik kelas V SDN 5 Karang Anyar Kecamatan Jatiagung menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tematik dapat ditingkatkan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik, dimulai siklus I pembelajaran 1 sampai 3 menunjukan peningkatan sedangkan siklus II pembelajaran 1 sampai 3 meningkat. Secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II hasil belajar peserta didik meningkat. Kata kunci : Cooperative Learning, Hasil Belajar, Jigsaw