PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: RICHA ROMITA , 1523021008
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59942/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59942/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59942/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59942/
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis RME dan menguji evektifitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui tes berpikir kritis. Hasil studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya LKPD. Penyusunan LPKD dilakukan dengan menyusun draft LKPD dan semua komponennya. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa dalam kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan LKPD berbasis RME lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis RME, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis RME efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: berpikir kritis, LKPD, RME ABSTRACT This research was aimed to produce the student’s worksheet based on RME and find out it’s effectiveness towards student’s mathematical critical thinking ability. This research start with research and information collecting, student’s worksheet prepartion, student’s worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The research subject was grade VII students in SMPN 2 Tulang Bawang Tengah in academic year 2016/2017. The data of this research were obtained mathematical critical thinking ability test. The result of research and information collecting indicate the need for develop student’s worksheet. Preparation of student’s worksheet is done by preparing a draft student’s worksheet and all its components. The validation result that the student’s worksheet have fulfill the standard eligibility for content, media, and language in good categories. The field test result that the critical thinking ability of students who use student’s worksheet based on RME is higher than the ability of critical thinking students who do not use student’s worksheet based on RME, it can be concluded that student’s worksheet based on RME are effective for improving students critical thinking skills. Keywords: Critical Thingking, Student’s Worksheet, RME.