PENGEMBANGAN KEGIATAN WISATA DI TAMAN KUPU-KUPU GITA PERSADA LAMPUNG

Main Author: PUTRI DWI MEI KARTINI, 1514151091
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59936/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59936/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59936/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59936/
Daftar Isi:
  • Taman Kupu-Kupu Gita Persada merupakan tempat konservasi kupu-kupu dan pelestarian alam yang mengoleksi lebih dari 100 jenis kupu-kupu yang dapat dijadikan sebagai wisata alam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengembangan wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada sebagai daya tarik pengunjung, mengetahui persepsi pengunjung terhadap pengembangan fasilitas dan pelayanan, akomodasi, infrastruktur dan objek wisata yang disediakan oleh pihak pengelola. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-April 2019 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer didapatkan melalui observasi langsung dan wawancara menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek fasilitas dan pelayanan tergolong biasa dengan skor 3, 46; akomodasi tergolong biasa dengan skor 3,19; infrastruktur tergolong biasa dengan skor 3,45 dan objek wisata tergolong baik dengan skor 4. Pengembangan yang perlu dilakukan yaitu area parkir motor dan mobil yang kurang memadai serta adanya loket untuk tiket masuk lokasi Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Kata kunci: Persepsi pengunjung, skala likert, wisata alam ABSTRACT Gita Persada Butterfly Park is a conservation site for butterflies and nature conservation that collect more than 100 species of butterflies that can be used as natural attractions. The purpose of this study was to analyze the development of Gita Persada Butterfly Park tourism as a visitor attraction, determine the visitor's perception of the development of facilities and services, accommodation, infrastructure and attractions provided by the manager. The study was conducted in March-April 2019 using qualitative descriptive methods. Primary data obtained through direct observation and interviews using a questionnaire that was analyzed using a skala likert. The results showed that in the aspects of facilities and services classified as normal with a score of 3, 46; relatively ordinary accommodation with a score of 3.19; infrastructure is classified as normal with a score of 3.45 and attractions are classified as good with a score of 4. Development that needs to be done is the inadequate motorcycle and car parking area and the ticket window for the entrance of the Gita Persada Butterfly Park location. Keywords: Visitor perception, skala likert, nature tourism.