PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK SMP DAN SMA AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
Main Author: | FAJARI HANSYAH, 1511011036 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/59895/1/1.%20ABSTRAK%20%28ASBTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/59895/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20TEKS.pdf http://digilib.unila.ac.id/59895/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TEKS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/59895/ |
Daftar Isi:
- Yayasan Pendidikan Al Kautsar (YPAK) yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Rajabasa adalah salah satu sekolah swasta di Bandar Lampung dan telah mengelola kegiatan pendidikan umum sejak 16 Januari 1992. Permasalahan dalam penelitian ini adalah konflik peran ganda yang dimiliki tenaga pengajar yang sudah berkeluarga seperti waktu kerja, yang dapat menimbulkan konflik peran sehingga dapat berdampak kepada kelelahan emosional dalam diri tenaga pengajar yang dapat menurunkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda (work family conflict) dan kecerdasan emosional terhadap kinerja tenaga pendidik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan skala likert yang disebar kepada tenaga pengajar Yayasan Pendidikan Al Kautsar unit SMP dan SMA. Teknik penyebaran kuesioner dilakukan kepada populasi penelitian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik SMP dan SMA Al Kautsar Bandar lampung berjumlah 107 orang yang nantinya akan menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik peran ganda (work family conflict) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pengajar, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga pengajar. Saran bagi YPAK sebaiknya melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan manajemen diri dan untuk Lembaga Pendidikan Al-Kautsar perlu mengurangi tuntutan kerja bagi tenaga pendidik. . Kata Kunci : Konflik Peran Ganda (Work Family Conflict), Kecerdasan Emosional, Kinerja.