PEMBELAJARAN TARI BEDANA TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA KELAS 7 DI SMPS BODHISATVA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | PUGUH NUROHIM, 1413043033 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/59851/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/59851/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/59851/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/59851/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian mengenai penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran tari bedana tradisional pada kelas 7 di SMPS Bodhisatva Bandar Lampung di lakukan untuk melihat proses dan hasil belajar tari bedana tradisional pada kelas 7 di SMPS Bodhisatva Bandar Lampung dengan berlandaskan teori behavioristik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang mengamati secara langsung proses dan hasil dari pembelajaran tari bedana tradisional menggunakan metode tutor sebaya. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data. Guru menggunakan metode tutor sebaya melalui beberapa tahapan yaitu tahap pengenalan dan tujuan pembelajaran, penyampaian materi dasar seni tari dan sejarah tari bedana tradisional kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemanasan dan pemberian materi ragam gerak tari bedana tradisional kepada seluruh siswa, guru kemudian membagi siswa kedalam 4 kelompok yang terdiri dari 5 sampai 7 orang, dan setiap kelompok memiliki satu siswa yang berperan sebagai tutor, guru memberi tugas kepada masing – masing kelompok untuk mempelajari kembali materi tari bedana tradisional yang telah dipelajari, guru mengamati aktivitas belajar siswa dan memberikan motivasi, dan pada tahap akhir guru melakukan evaluasi pembelajaran. Pengamatan tes praktik yang di gunakan oleh guru meliputi penilaian mengenai bentuk gerak, hafalan gerak, kesesuaian gerak dengan musik serta ekspresi saat menari. Berdasarkan nilai pengamatan tes praktik terdapat siswa yang mendapatkan nilai terendah yaitu berjumlah empat siswa, lalu siswa yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu dengan kriteria baik sekali berjumlah enam siswa. Adapun hasil belajar seluruh siswa memperoleh nilai rata – rata 71, dengan kriteria nilai baik. Kata kunci: Pembelajaran, Bedana, tutor ABSTRACT Research on the use of peer tutoring methods in learning traditional bedana dance in grade 7 at SMPS Bodhisatva Bandar Lampung was conducted to see the process and learning outcomes of traditional bedana dance in grade 7 at SMPS Bodhisatva Bandar Lampung based on behavioristic theory. This research is a qualitative descriptive type that directly observes the process and results of traditional bedana dance learning using peer tutoring methods. The data obtained was done by observation, interviews, and documentation and then analyzed the data. The teacher uses the peer tutoring method through several stages, namely the stage of introduction and learning objectives, the delivery of basic material of dance and the history of traditional bedana dance and then proceed with warming up and giving a variety of traditional bedana dance material to all students, the teacher then divides students into 4 groups that consists of 5 to 7 people, and each group has one student who acts as a tutor, the teacher gives the task to each group to relearn traditional bedana dance material that has been learned, the teacher observes student learning activities and provides motivation, and in the final stage the teacher evaluates learning. Observations of practical tests used by the teacher include assessments of the form of motion, memorization of motion, suitability of motion with music and expression when dancing. Based on the observation scores of the practical test, there are students who get the lowest score of four students, then the students who get the highest score that is with excellent criteria totaling six students. The learning outcomes of all students get an average value of 71, with good value criteria. Keywords: Learning, Bedana, Peer tutoring.