KEMAMPUAN SISWA MENARI TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 NATAR

Main Author: NANA VIRTA EFFENDI , 1513043010
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59828/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59828/17/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59828/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa menari tari muli siger menggunakan model pembelajaran SAVI pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Natar. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menari tari muli siger menggunakan model pembelajaran SAVI dan hasil belajar tari muli siger dengan mengacu pada teori konstruktivistik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber data primer dan sumber data sekunder. Model pembelajaran SAVI dilaksanakan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi dengan contoh nyata, memberikan kesempatan siswa bertanya dan diskusi, memberikan evaluasi dan melakukan tes. Hasil belajar siswa dalam enam pertemuan berdasarkan model pembelajaran SAVI ,yaitu somatis mendapat baik, auditori mendapat baik, visual mendapat baik, intelektual mendapat baik, maka diperoleh hasil dalam pembelajaran tari muli siger mendapat kriteria baik dengan nilai rata-rata siswa yaitu 80,94. Kata kunci: Kemampuan, Model Pembelajaran SAVI, Tari Muli Siger This study discusses the ability of students to perform muli siger dance using the SAVI learning model on extracurricular activities in SMA Negeri 1 Natar. This research was conducted to describe the ability of students to perform muli siger dance using SAVI learning models and learning outcomes of muli siger dance by referring to constructivistic theories and using descriptive qualitative research types. Data collection techniques obtained were done by observation, interviews, and documentation as well as primary data sources and secondary data sources. The SAVI learning model is implemented by conveying learning objectives, conveying material with concrete examples, giving students the opportunity to ask questions and discuss, provide evaluations and conduct tests. Student learning outcomes in six meetings based on the SAVI learning model, namely somatically getting good, auditory getting good, visual getting good, intellectual getting good, then the results in muli siger dance learning get good criteria with an average value obtained by students is 80.94. Keywords: Ability, SAVI learning model, and Muli Siger Dance