PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA EKSTRAKURIKULER DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRINGSEWU
Main Author: | ATIKA NUR TSABITA , 1513043025 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/59827/21/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/59827/19/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/59827/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/59827/ |
Daftar Isi:
- Penelitian mengenai penggunaan media audio-visual dan proses pembelajaran tari muli siger pada ekstrakurikuler di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivistik . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terdapat 6 aspek penggunaan media audio-visual yaitu aspek pertama siswa mengamati video tari muli siger, aspek kedua keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran tari muli siger, aspek ketiga keaktifan siswa dalam bertanya, aspek keempat pemahaman materi ragam gerak pada pembelajaran tari muli siger yang diberikan oleh guru, aspek kelima antusias siswa dalam menggunakan media, aspek keenam kemampuan siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari muli siger mendapat kriteria penilaian baik. Kata kunci: Pembelajaran, Media audio-visual, Tari muli siger Research on the use of audio-visual media and the learning process of muli siger dance in extracurricular activities at SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu. The type of this research is descriptive qualitative. The theory used in this research is the theory of constructivistic. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation then performed data analysis by data reduction, displany data and conclusion drawing. The results of the study there are 6 aspects of the use of audio-visual media, namely the first aspect of students observing the muli siger dance video, the second aspect is the seriousness of students in participating in the learning of muli siger dance, the third aspect is the activeness of students in asking questions, the fourth aspect is understanding the range of motion material in the learning of muli siger dance given by the teacher , the fifth aspect is students 'enthusiasm in using media, the sixth aspect is students' ability to utilize learning media. Student learning outcomes in learning muli siger dance get good assessment criteria. Keywords: Learning, Media audio-visual, Muli Siger Dance