PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

Main Author: Rika Arif Septiana, 1313043036
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59648/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59648/9/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59648/10/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59648/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR Oleh Rika Arif Septiana Penelitian ini mengkaji pembelajaran tari halibambang dengan menggunakan teknik demonstrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan proses pembelajaran tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Hasil proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Tahap perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru meliputi beberapa indikator yaitu siswa mampu menghafal ragam gerak tari halibambang dengan menggunakan musik dan ekspresi yang baik. Pelaksanaan pembelajaran tari halibambangmeliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan yang guru lakukan yaitu mengucap salam, mempersilahkan siswa untuk berdoa, melakukan apersepsi dan motivasi, dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan inti yaitu memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan mengamati guru yang memperaktikan macam-macam gerak tari halibambang. Pada kegiatan penutup guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan menanya dengan melakukan tanya jawab terkait materi gerakan yang telah dilakukan. Tahap pelaksanaan mengalami penaikan dan penurunan berdasarkan tingkat kesulitan ragam gerak masing-masing. Sedangkan pada tahap penilaian di dapat dari proses dan hasil akhir yang secara keseluruhan mendapat nilai baik. Kata kunci: Pembelajaran, Tari Halibambang, Teknik demonstrasi, Proses. ABSTRACT THE LEARNING HALIBAMBANG DANCE USE DEMONSTRASI TECHNIQUE ON EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AT SMA NEGERI 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR By Rika Arif Septiana This study examines the learning of halibambang dance using demonstration techniques in extracurricular activities in SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur. This study used a descriptive qualitative method that describes the process of dance learning. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation, and practice tests. Data analysis techniques in this study are to do data reduction, data presentation, and draw conclusions. The results of the learning process are carried out in three stages, namely planning, implementation and assessment. The learning planning stage developed by the teacher includes several indicators: students are able to memorize various movements of the halibambang dance using good music and expressions. The implementation of halibambang dance learning includes preliminary, core, and closing activities. Preliminary activities that the teacher does include greeting, inviting students to pray, apperception and motivation, and conveying the competencies that will be achieved by students. The main activity is to facilitate students to observe the teacher who practices various kinds of halibambang dance moves. In the closing activity the teacher facilitates the students to ask questions by doing questions and answers related to the material that has been done. The implementation phase experiences an increase and decrease based on the difficulty level of each movement. Whereas the assessment stage can be obtained from the process and the final results which overall get good grades. Keywords: Learning, Halibambang dance, Demonstration techniques, Process.