PEMBELAJARAN TARI BEDANA KREASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMPN 28 BANDAR LAMPUNG

Main Author: AFILA LEONI YUNANDA, 1313043002
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59634/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59634/15/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59634/16/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59634/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PEMBELAJARAN TARI BEDANA KREASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMPN 28 BANDAR LAMPUNG Oleh Afila Leoni Yunanda Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran tari bedana kreasi dengan menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 28 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori behavioristik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Pada tahap persiapan guru merumuskan tujuan pembelajaran, berdoa dan melakukan pemanasan. Di tahap pelaksanaan guru memberikan ragam gerak yang kemudian diikuti oleh siswa. Pada tahap akhir guru mengevaluasi proses pembelajaran dengan memberikan kritik dan saran kepada siswa. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Proses, Tari Bedana Kreasi. ABSTRACT The Learning of Bedana Dance Creation Using Demonstration Method at SMPN 28 Bandar Lampung By Afila Leoni Yunanda This research examined about the learning process of bedana dance creation using demonstration method in extracurricular activity at SMPN 28 Bandar Lampung. This research used behavioristic theory. This research was a qualitative descriptive research. The data were collected by using observation, interview, documentation, and practice test. The data were analyzed by reducting data, representating data and drawing conclusion. The learning process was conducted in three stages that were preparation, implementation stage, and final stage. At the preparation stage the teacher formulated the learning goals, praying and warming up. In the implementation stage, the teacher provided a variety of movements which were then followed by the students. In the final stage, the teacher evaluated the learning process by giving criticism and suggestions to the students. Keywords: Demonstration Method, Process, Bedana Dance Creation