PENGEMBANGAN ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) DENGAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Author: NUR HUDA SARI, 1723021003
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59603/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59603/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59603/3/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59603/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merumuskan pengembangan alqurun teaching model (ATM) dengan media prezi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan ATM dengan media prezi, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil rumusan pengembangan ATM dengan media prezi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah tersusunya sintak ATM dengan media prezi yang memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. ATM dengan media prezi efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hal ini terlihat berdasarkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan ATM dengan media prezi dan kelas kontrol yang menggunakan ATM. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan ATM dengan media prezi lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan ATM. Kata kunci : ATM, media prezi, pemecahan masalah matematis ABSTRACT This research is a development research that aims to formulate the development of alqurun teaching model (ATM) with prezi media that can improve students mathematical problem solving abilities and test their effectiveness on students mathematical problem solving abilities. The stages of this development began from the preliminary study, preparation of ATM with prezi media, validation, preliminary field testing, and main field testing. The population in this study were all grade XI students of SMA Negeri 15 Bandar Lampung in the 2019/2020 academic year. The research subjects were students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 of SMA Negeri 15 Bandar Lampung in the 2019/2020 academic year. Data collection through observation, interviews, questionnaires, and tests of mathematical problem solving abilities. Data analysis techniques used are descriptive statistics and t-test. The result of the formulation of ATM development with prezi media that can improve students mathematical problem solving abilities is the onset of ATM syntax with prezi media that facilitates students mathematical problem solving abilities. ATM with prezi media is effective to improve students mathematical problem solving abilities, this is seen based on significant differences between the experimental class using ATM and the prezi media and the control class using ATM. Based on the above results, it can be concluded that the mathematical problem solving abilities of students who use ATM with prezi media is higher than the mathematical problem solving abilities of students who use ATM. Keywords: ATM, prezi media, mathematical problem solving