PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SUSUNAN BARU BANDARLAMPUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SUSUNAN BARU BANDARLAMPUNG Oleh SUMARNI Berdasarkan hasil pengamatan di SD Negeri 1 Susunan Baru Bandar Lampung, bahwa untuk pelajaran matematika kelas VI diperoleh nilai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Susunan Baru, Bandar Lampung yang berjumlah 23 siswa. Data yang diperoleh melalui tes dan observasi menggunakan perangkat tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siwa melalui pendekatan kontekstual mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, aktivitas siswa siklus I (63,04%), siklus II (78,25%), prestasi belajar siswa siklus I (69,56%), siklus II (82,60%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan kontekstual dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pelajaran matematika. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, aktivitas belajar, prestasi belajar.