PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JABUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: ZOLA NURMADYA PANGESTIKA, 1513041031
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59531/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59531/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59531/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59531/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Lampung Timur.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara.Adapun sumber data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah membuat perencanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama sesuai dengan komponen-komponen dalam RPP kurikulum 2013 yang isinya terdapat identitas matapelajaran (terdapat satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu), kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran, media atau sumber pembelajaran (meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), dan penilaian pembelajaran.Pada pelaksanaan pembelajaran gurumenerapkan strategi pembelajaran yang mendidik, menerapkan pendekatan scientific, memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, dan menggunakan bahasa yang benar dan tepat.Pada kegiatan tersebut terjadi aktivitas siswa yang meliputi aktivitas mengamati, aktivitas menanya, aktivitas menalar, dan aktivitas mencoba.Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian sikap dan pengetahuan.Adapun penilaian sikap mencakup spiritual, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan santun. Gurumenilai aspek pengetahuan melalui hasil kerja siswa tentang mengidentifikasi unsur-unsur pada sebuah teks drama. Kata kunci : mengidentifikasi, pembelajaran, dan unsur-unsur drama.