HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMK DARUL FIKRI KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Ria Arianti , 1513052020
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59504/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59504/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59504/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59504/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dengan interaksi sosial pada siswa SMK Darul Fikri Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 210 siswa. Sampel sebanyak 5% dari populasi atau 131 siswa diambil berdasarkan Isaac dan Michael dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri dan skala interaksi sosial dan analisis data menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara percaya diri dengan interaksi sosial dengan nilai korelasi r 0,208 > r tabel = 0,176 taraf signifikasi p=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara percaya diri dengan interaksi sosial siswa. Artinya semakin tinggi percaya diri yang dimiliki siswa maka akan semakin tinggi interaksi sosialnya. Kata Kunci: bimbingan konseling, interaksi sosial, percaya diri. The problem in this study is the low social interaction of students. This study aims to determine the relationship between self-confidence and social interaction among students of Darul Fikri Vocational School, Pugung District Tanggamus Regency Academic Year 2018/2019. The research method used is quantitative correlational. The study population was 210 students. A sample of 5% of the population or 131 students was taken based on Isaac and Michael with a simple random sampling technique. Data collection techniques using a scale of confidence and social interaction scale and data analysis using Product moment correlation. The results showed that there was a significant positive relationship between self-confidence and social interaction with a correlation value of r count = 0.208> rtable = 0.176 significance level p = 0.05 then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of the research is that there is a significant positive relationship between self-confidence and social interaction of students. This means that the higher the confidence the student has, the higher the social interaction. Keywords: counseling guidance, social interaction, confidence.