PENINGKATAN KONSEP DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | ARDANA DILA ISWARI, 1413052011 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/59500/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/59500/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/59500/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/59500/ |
Daftar Isi:
- ABSTRACT IMPROVEMENT OF SELF-CONCEPT USING GROUP GUIDANCE SERVICE WITH DISCUSSION TECHNIQUES IN THE ELEVEN GRADE OF PUBLIC VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 TERBANGGI BESAR ACADEMIC YEAR 2018/2019 By ARDANA DILA ISWARI The problem in this study is the low self-concept of students. The problem in this research is “can self-concept of the students be upgraded by using group guidance service with discussion technique?”. The purpose of this research is to improve the self-concept of the students by using group guidance service with discussion technique. This research method is pre-exsperimental with one-group pretest-posttest design. The subjects of this research are 12 students who have low, medium, and high self-concept. This research uses self-concept scale as data collection technique. The pre-test and post-test data analysis using the Wilcoxon test obtains Z score = -3.059 < Z = 1.645. Thus, Ha is accepted, which means that self-concept in eleven grade students can be increased by using Group Guidance Service With Discussion Techniques at Public Vocational High School 1 Terbanggi Besar academic year 2018/2019. table0.05 Keywords: guidance and counseling, group discussions, group guidance, self concept ABSTRAK PENINGKATAN KONSEP DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Oleh ARDANA DILA ISWARI Masalah dalam penelitian ini adalah konsep diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah konsep diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi?”. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan konsep diri menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa yang memiliki konsep diri tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian memperoleh Z hitung = -3,059 < Z = 1,645. Dengan demikian, Ha diterima, yang berarti bahwa konsep diri pada siswa kelas XI dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi di SMK Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2018/2019. tabel 0,05 Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, diskusi kelompok, konsep diri