PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Main Author: Rency Meivita Citra, 1513024019
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59468/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59468/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59468/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59468/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh metode praktikum berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung pada materi sistem ekskresi manusia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII I berjumlah 57 orang yang dipiih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain sebagai hasil analisis dengan uji Independent Sampel t-test pada taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan data yang didapatkan rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode praktikum berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan generik sains, metode praktikum