PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Main Author: | Rency Meivita Citra, 1513024019 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/59468/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/59468/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/59468/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/59468/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh metode praktikum berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung pada materi sistem ekskresi manusia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII I berjumlah 57 orang yang dipiih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain sebagai hasil analisis dengan uji Independent Sampel t-test pada taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan data yang didapatkan rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode praktikum berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan generik sains, metode praktikum