ANALISIS STRATEGI BISNIS LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GOGOCOURSE DI BANDAR LAMPUNG

Main Author: ROHMADHANI TANJUNG, 1211011138
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS EKONOMI DAFAKULTAS EKONOMI , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59359/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59359/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59359/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASDAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59359/
Daftar Isi:
  • Manajemen strategi merupakan salah satu tugas penting yang harus diselesaikan oleh seorang manajer di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini tentunya juga berlaku untuk Lembaga Kursus dan Pelatihan GoGoCourse yang bergerak di bidang penyedia pelayanan jasa kursus dan pelatihan TOEFL dan IELTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan oleh LKP GoGoCourse untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Tahapan yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penentuan bobot dan peringkat untuk setiap faktor diberikan oleh pihak manajemen melalui proses wawancara dan pemberian kuesioner. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 3,006 dan 2.974. Hasil matriks IE yaitu LKP GoGoCourse terdapat pada posisi tumbuh dan berkembang (kuadran IV) dengan strategi utama yaitu strategi intensif. Berdasarkan analisis matriks SWOT maka dihasilkan 9 strategi dengan perioritas strategi berdasarkan hasil QSPM yaitu berinovasi pada fasilitas dan produk yang ditawarkan, memperluas pemasaran melalui media sosial dengan mengintensifkan promosi pada pasar konsumen yang dituju, menjaga hubungan baik dengan pihak luar untuk meningkatkan loyalitas, memberikan jaminan kualitas terhadap produk yang ditawarkan, menggunakan media dan bahan promosi yang menarik minat konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen dengan semaksimal mungkin, menerapkan harga bersaing pada produk yang ditawarkan, evaluasi kinerja LKP GoGoCourse dalam menghadapi persaingan, membentuk tim kreatif untuk bagian promosi LKP GoGoCourse. Kata Kunci : LKP GoGoCourse, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM.