PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMK NEGERI 1 RAMAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Ghita Sephita Ayu Wahyuni, 1513032055
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59142/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59142/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59142/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59142/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan program full day school di SMK Negeri 1 Raman Utara tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Raman Utara. Jumlah sampel 26 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan program full day school di SMK Negeri 1 Raman Utara menyatakan setuju terhadap tindak lanjut pelaksanaan program full day school. Kendala yang dihadapi peserta didik terkadang merasa bosan dan kurang berkonsentrasi karena belajar seharian, peserta didik merasa terbebani dengan Pekerjaan Rumah (PR) yang diberikan oleh guru di akhir pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi peserta didik jenuh dalam mengikuti pembelajaran guru memberikan selingan baik berupa game maupun kegiatan belajar diluar ruangan. Guru selalu berusaha menggunakan metode pembelajaran sehingga peserta didik merasa senang dalam belajar sehingga tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Kata Kunci: Persepsi, Peserta Didik, Full Day School untuk mengurangi peserta didik jenuh dalam mengikuti pembelajaran guru memberikan selingan baik berupa game maupun kegiatan belajar diluar ruangan. Guru selalu berusaha menggunakan metode pembelajaran sehingga peserta didik merasa senang dalam belajar sehingga tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Kata Kunci: Persepsi, Peserta Didik, Full Day School Efforts made by teachers to reduce students' boredom in participating in teacher learning provide interludes in the form of games and outdoor learning activities. Teachers always try to use learning methods so that students feel happy in learning so as to create active and fun learning. Keywords: Perception, Students, Full Day School