KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KELAS PILATES DALAM MENJAGA MOTIVASI MEMBER UNTUK TETAP BEROLAHRAGA (STUDI PADA KELAS PILATES DI SANGGAR SAYA)

Main Author: MARSYA FITRIANI TAKIM , 1216031061
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59079/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59079/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59079/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59079/
Daftar Isi:
  • Dorongan motivasi ataupun keinginan seseorang dalam berkomunikasi menjadikan awal mula dari terbangunnya komunikasi itu sendiri. Adanya komunikasi kelompok dalam kelas pilates tersebut didorong oleh tujuan, motivasi, keinginan yang sama serta ada rasa senasib yang dirasakan sehingga terjalinlah komunikasi kelompok. Di sanggar saya untuk kelompok kelas pilates dalam 1 minggu 3 kali pertemuan jadi interaksi yang terjadi lebih intens dan terjalinnya komunikasi didalam kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan komunikasi kelompok pada kelas pilates dalam menjaga motivasi member di Sanggar Saya. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori perbandingan sosial, Leon Festinger komunikasi kelompok acapkali timbul karena adanya kebutuhan individu-individu untuk membandingkan pendapat, sikap, keyakinan dan kemampuan mereka sendiri dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan para informan, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi Kelompok yang terjadi didalam kelas pilates sangat kohesif. Peneliti juga menemukan adanya penyimpangan yang terjadi pengaruh kelompok terhadap perilaku individu. Hal ini menyebabkan pendapat- pendapat yang mendominasi berasal dari anggota yang mempunyai fisik yang bagus padahal sebenarnya terdapat sejumlah anggota yang memiliki ide lain, namun lebih memilih untuk tidak menyampaikan ide tersebut dan memilih diam karena mereka beranggapan pendapat mereka akan di abaikan. Kata Kunci : Komunikasi Kelompok, Motivasi, Teori Perbandingan Sosial Festinger The motivation or desire of someone in communication makes the beginning of the development of communication itsself. The existence of group communication in the Pilates class is driven by the same goals, motivations, desires and a sense of shared fate that is felt so that group communication is established. In Sanggar Saya for pilates class groups in 1 week 3 meetings so the interaction is more intense and there is communication within the group. The purpose of this study is to describe group communication in the Pilates class in maintaining the motivation of members in Sanggar Saya. In this case the researcher uses social comparison theory, Leon Festinger group communication often arises because of the need for individuals to compare their own opinions, attitudes, beliefs and abilities with other people. This study uses a qualitative research type with data collection techniques through in-depth interviews with informants, observations, literature and documentation. The results of this study indicate that group communication that occurs in the Pilates class is very cohesive. Researchers also found deviations that occur group influence on individual behavior. This causes the opinions that dominate to come from members who have a good physique when in fact there are a number of members who have other ideas, but prefer not to convey the idea and choose silence because they think their opinions will be ignored. Keywords: Group Communication, Motivation, Social Comparison Theory