SIMULASI PERFORMANSI AIROFOIL TURBIN ANGIN NACA 4412 TERHADAP VARIASI PANJANG CHORD DAN SUDUT SERANG MENGGUNAKAN SOFTWARE CFD

Main Author: RIZKY AGUA MAULANA, 1415021077
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS TEKNIK , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59059/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59059/17/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59059/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59059/
Daftar Isi:
  • Penelitian tentang turbin angin berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Efisiensi dan kinerja turbin angin tergantung pada desain dan bentuk sudu turbin angin itu sendiri. Pembuatan model dengan semua variasi turbin angin akan menghabiskan biaya yang cukup besar sementara hasilnya tidak dapat ditentukan secara pasti. Penggunaan software CFD sebagai alat untuk meneliti turbin angin memungkinkan untuk mendapatkan tujuan perancangan tanpa harus membuat model sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi panjang chord sudu dan sudut serang terhadap performansi turbin angin dengan mensimulasikannya dengan menggunakan software CFD. Simulasi aerodinamika pada airfoil yang digunakan pada sudu turbin angin dilakukan untuk mengetahui karakteristik aerodinamika dari airfoil yang digunakan. Airfoil NACA 4412 digunakan sebagai bentuk dasar dari sudu turbin angin. Data hasil simulasi CFD 2D pada airfoil NACA 4412 cukup memenuhi dan sesuai dengan kondisi aktualnya dimana nilai eror yang diperoleh kurang dari 10 % untuk simulasi 2D. Titik kritis dari koefisien lift terjadi pada airfoil dengan sudut 16o dimana indikasi terjadinya kondisi stall akan terjadi jika sudut serang terus dinaikan, dan nilai koefisien drag terkecil didapatkan pada sudut serang -4o. Nilai glide ratio terbesar terjadi pada sudut serang 0o yaitu sebesar 36,585. Pada chord 1 m terlihat mengalami stall pada sudut serang 18o sedangkan pada chord 0.65 m dan chord 0,3 m belum mengalami stall hingga sudut 20o. Kata kunci : Airfoil, NACA 4412, CFD. ABSTRACT Research on wind turbines is growing rapidly in recent years. The efficiency and performance of wind turbines depend on the design and shape of the wind turbine blade itself. Model creation with all variations of wind turbines will cost a considerable amount of time while the results cannot be determined for sure. The use of CFD Software as a tool for researching wind turbines makes it possible to obtain design objectives without having to create the actual model. The purpose of this study is to determine the influence of long variations of the chord and angle of attack against the performance of the wind turbine by simulting it with the use of CFD software. An aerodynamic simulation of the airfoil used in the wind turbine substation is performed to determine the aerodynamic characteristics of the airfoil used. NACA airfoil 4412 is used as the base form of the wind turbine blade. The 2D CFD simulation Data on the NACA 4412 airfoil is quite fulfilling and in accordance with the actual conditions where the error value is obtained less than 10% for the 2D simulation. The critical point of the lift coefficient occurs in an airfoil with angle of attack 16o where a stall condition indication occurs if the angle of attack is continuously adjusted, and the smallest coefficient of drag is obtained at an angle of attack -4o. The biggest glide ratio occurred at 0o attack angle of 36.585. On the 1 m chord is seen experiencing stall at an angle of attack 18o while the chord is 0.65 m and a chord of 0.3 m has not experienced stall until 20o angle. Keywords: Airfoil, NACA 4412, CFD.