IMAJI PADA KUMPULAN PUISI KITA HANYA POHON KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA UNTUK SISWA DI SMP

Main Author: MAT DESMAN, 1513041029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/59057/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59057/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59057/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/59057/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah imaji pada kumpulan puisi Kita Hanya Pohon karya Isbedy Stiawan ZS dan rancangan pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imaji yang terdapat pada kumpulan puisi Kita Hanya Pohon karya Isbedy Stiawan ZS dan rancangan pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berupa kumpulan puisi Kita Hanya Pohon karya Isbedy Stiawan ZS yang diterbitkan CV Anugrah Utama Raharja (AURA) pada bulan Mei 2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan puisi tersebut menggunakan semua jenis imaji. Semua jenis imaji yang peneliti temukan adalah imaji penglihatan, imaji pendengaran, imaji rabaan, imaji gerak, imaji penciuman, dan imaji rasaan/pencecapan. Imaji yang sering digunakan yakni imaji visual, sedangkan imaji yang jarang digunakan imaji penciuman. Dalam puisi ini digambarkan semua imaji yang digunakan dalam puisi Kita Hanya Pohon dapat mengalami peristiwa-peristiwa yang dialami penyair melalui puisi tersebut. Hasil penelitian ini kemudian dijadikan rancangan pembelajaran sastra untuk siswa SMP dengan KD 3.7 menganalisis isi dan kebahasaan puisi dan KD. 4.7 merancang puisi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan Kata kunci: imaji, puisi, pembelajaran