UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI
Main Author: | NANA RIANA, 1513069007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58982/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58982/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58982/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58982/ |
Daftar Isi:
- Permasalah penelitian ini diawali dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IIIA SD Negeri 1 Beringin Raya dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 61,10 dan pada siklus II sebesar 72,22 dengan nilai peningkatan sebesar 11,12. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68,88 dan pada siklus II sebesar 73,05 dengan nilai peningkatan sebesar 4,17 . Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IIIA SD Negeri 1 Beringin Raya. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, project based learning