PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap SMP N 3 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | INDAH KUSTYA WINAHYU, 1513024080 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58978/19/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58978/17/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58978/18/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58978/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas VII semester genap SMP N 3 Metro pada pembelajaran IPA Biologi materi pokok ekosistem. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII E dan VII F berjumlah 63 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent pretest-posttest control group design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-test pada kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dengan nilai signifikasi 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran materi ekosistem menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memiliki persentase sebesar 80,72% dengan kriteria baik. Kata kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains