PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: Kartika Dwi Handayani, 1513021083
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58950/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58950/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58950/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58950/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) Oleh Kartika Dwi Handayani Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis, berbentuk uraian dengan materi bangun ruang sisi datar. Analisis uji hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis