PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Main Author: YESI SUSANTI , (1513024022)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58946/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58946/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58946/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58946/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest postest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 3 SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Data keterampilan proses sains diperoleh dari nilai tes serta lembar observasi dan data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,62) dibanding kelompok kontrol (0,47) dengan hasil observasi keterampilan proses sains kelompok eksperimen tergolong sangat baik (96,64) dan kelompok kontrol tergolong baik (83,89). Selain itu, iii pengunaan model guided inquiry juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif secara signifikan dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,65) dibanding kelompok kontrol (0,40) dengan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran kelompok eksperimen sangat baik (97,22%). Kata kunci: keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, guided Inquiry