HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS CUT NYAK DIEN

Main Author: IIN KURNIAWATI, 1513053105
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58902/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58902/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58902/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58902/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 172 orang peserta didik dengan sampel 120 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,409 dengan kriteria sedang. Kata kunci: hasil belajar, pergaulan, teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 172 orang peserta didik dengan sampel 120 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,409 dengan kriteria sedang. Kata kunci: hasil belajar, pergaulan, teman sebaya.