PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS 4 SD NEGERI 6 METRO BARAT
Main Author: | DEWI EROWATI, 1513053077 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58884/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58884/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58884/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58884/ |
Daftar Isi:
- Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 4 SD Negeri 6 Metro Barat, serta kurangnya kerjasama diantara peserta didik saat melakukan tugas kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar tema 7 subtema 2 peserta didik. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar tema 7 subtema 2 peserta didik kelas 4 SD Negeri 6 Metro Barat dengan thitung sebesar 3,544 > ttabel sebesar 2,013 (dengan α = 0,05). Dimana diperoleh N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,57 dan masuk ke dalam kategori sedang. Kata kunci: hasil belajar, kooperatif, model picture and picture The problem of this research was the low score of 4th grade learning result at elementary school 6 west metro and less cooperation between student when do group assignment. This research aims to analysis and find out the positive effect and significant of implementation model cooperative learning type picture and picture opposed to theme 7 sub theme 2. The method of this research was experimental with non equivalent control group design as a design of the research. The data analyzed by using t-test pooled varians. The result of this research showing that there is significant effect between model of cooperative learning type picture and picture to the students learning result of theme 7 sub theme 2 IV grade of elementary school 6 west metro with tcount as big as 3.544 > ttable as big as 2.013 (with α = 0.05). Which is N-Gain experiment class acquired 0.57and include to average category. Key words: cooperative, learning result, model picture and picture