EFEKTIVITAS MEDIA E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Main Author: PUTRI WULANDARI NABILA, 1513023020
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58876/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58876/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58876/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58876/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meng-gunakan media e-book untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sam-pling sehingga diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eks-perimen dengan pretest posttest control group design. Peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa diukur dari rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media e-book. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis, rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa yang dilakukan pembelajaran dengan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang dalam pembelajarannya tidak menggunakan media e-book. Ukuran pengaruh ditentukan dengan melihat perbedaan rata-rata pretes dan postes motivasi belajar maupun penguasaan konsep siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi belajar dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pem-belajaran dengan media e-book. Maka, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat di-tingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book. Kata kunci: e-book, motivasi belajar, penguasaan konsep, titrasi asam basa