HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SD NEGERI 5 METRO BARAT
Main Author: | YUNITA, 1513053053 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58834/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58834/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58834/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58834/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar matematika, motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar matematika, serta hubungan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 78 peserta didik dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar matematika yaitu sebesar 0,029 dengan kriteria “Sangat Rendah”.Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar matematika sebesar 0,289 dengan kriteria “Rendah”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika kelas tinggi sebesar 0,290 dengan kriteria “Rendah”. Kata kunci: hasil belajar matematika, keaktifan, motivasi belajar. ABSTRACT The problem of this research was the low mathematics learning outcomes of high school students at SD N 5 Metro Barat. Thepurpose of the research was to investigate and learning motivation in the learning process with the learning outcomes mathematics. The type of the research was the correlation research with the quantitative approach. The population was 78 students and the entire population was used as the study sample. The data collection techniques used were observation, questionnaires, and documentation study. The results showed that there was a significant relationship between the activity of students in the learning process and mathematics learning outcomes, which was 0,029 with verry low criteria. There where a significant relationship between students 'learning motivation and mathematics learning outcomes of 0.289 with low criteria, as well as students' activeness and learning motivation together with mathematics learning outcomes of 0.290 with low criteria. Keywords: active, learning motivation, learning outcomes mathematical.