PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO BARAT

Main Author: UMI KHASANAH, 1513053001
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58818/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58818/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58818/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58818/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar tema 7 subtema 1. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group desain dengan metode penelitian yaitu penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 42 peserta didik dan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes (observasi dan dokumentasi) dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,230 dan ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,230 > 2,021 berati Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar tema 7 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: hasil belajar tematik, reciprocal teaching. The problem in this study is the low thematic learning outcomes of students in grade IV SD Negeri 4 Metro Barat. The purpose of this study was to determine the effect of the reciprocal teaching model on the learning outcomes of theme 7 subthemes 1. The design of this study was a nonequivalent control group design with the research method of experimental research. The population was 42 students and the sample was saturated. The data collection technique was carried out using nontest techniques (observation and documentation) and test techniques. Hypothesis testing results obtained tcount of 2.230 and ttable of 2.021. The comparison shows tcount> ttable ie 2,230> 2,021 means Ha is accepted. There is a significant influence on the application of the reciprocal teaching model to the learning outcomes of theme 7 subtheme 1 students of grade IV SD Negeri 4 Metro Barat. Keywords: reciprocal teaching, thematic learning outcomes.