STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI EKONOMI KOPI CODOT DI HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) BERINGIN JAYA, KABUPATEN TANGGAMUS

Main Author: BELLA AUDIA , 1514151039
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Pertanian , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58800/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58800/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58800/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58800/
Daftar Isi:
  • Kopi codot merupakan kopi jenis robusta yang dimakan oleh codot atau kelelawar. Pengembangan kopi codot diperlukan agar dapat menambah nilai ekonomi kopi codot. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan kopi codot dan merumuskan strategi pengembangan nilai ekonomi kopi codot. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara kepada responden seperti petani HKm Beringin Jaya dan Kelompok Wanita Tani Himawari, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap nilai ekonomi kopi codot, yaitu: Lokasi geografis yang strategis, aksesibilitas yang mudah, kualitas kopi codot yang baik, teknologi produksi yang baik, kurangnya pengetahuan tentang manfaat kopi codot, dan pengaruh naungan pada tanaman kopi. Sedangkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan nilai ekonomi kopi codot adalah permintaan kopi codot lokal yang cukup tinggi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin baik, mitra usaha di luar Kabupaten Tanggamus, harga kopi codot lokal yang tinggi, cuaca yang tidak menentu, dan kompetitor merek kopi lain. Rekomendasi strategi pengembangan nilai ekonomi kopi codot yaitu dengan meningkatkan pelatihan intensif pengelolaan kopi codot untuk anggota KWT Himawari dan pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus, serta memperluas usaha tani kopi codot yang berkualitas. Penyuluhan perlu dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang manfaat dan keuntungan kopi codot, selain itu kemitraan dengan pihak sektor lainnya perlu dikembangkan untuk meningkatkan pemasaran. Kata kunci: HKm Beringin Jaya; kopi codot; strategi pengembangan