SIKAP DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN SUSU ULTRA HIGH TEMPERATURE (UHT) DI PASAR MODERN KOTA BANDAR LAMPUNG

Main Author: MITA FITRIA DEWI, 1214131063
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58758/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58758/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58758/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58758/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SIKAP DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN SUSU ULTRA HIGH TEMPERATURE (UHT) DI PASAR MODERN KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Mita Fitria Dewi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen, tahapan pengambilan keputusan pembelian, pola pembelian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen susu UHT. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) di empat Pasar Modern Kota Bandar Lampung yaitu Chandra Tanjung Karang, Hypermart Central Plaza, Mall Boemi Kedaton, dan Chandra Kemiling. Responden diambil menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah dari keempat pasar adalah 96 orang. Data dianalisis secara deskriptif untuk menganalisis tahapan pengambilan keputusan dan pola pembelian. Analisis multiatribut fishbein untuk menganalisis sikap konsumen dan regresi linier berganda untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor sikap tertinggi diperoleh atribut informasi kadaluarsa dengan nilai 18,54 sedangkan nilai terendah atribut harga dengan nilai 12,39. Pada tahapan pengambilan keputusan konsumen mengetahui produk melalui anggota keluarga, pertimbangan membeli di pasar modern karena lebih banyak variasi rasa, variasi rasa yang paling sering dibeli adalah coklat, dan konsumen puas dan berniat membeli kembali produk susu UHT. Pola pembelian konsumen susu UHT adalah sebagai kebutuhan, merek yang paling banyak dibeli adalah Ultramilk, ukuran yang paling banyak dibeli adalah 1000 ml dengan jumlah pembelian sebanyak 4 sampai 10 buah dan 3 sampai 4 kali dalam sebulan. Faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap pembelian yaitu harga susu UHT, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga. Kata kunci : susu UHT, sikap konsumen, pengambilan keputusan, pola pembelian ABSTRACT ATTITUDE AND DECISION MAKING IN PURCHASE BY CONSUMER OF ULTRA HIGH TEMPERATURE (UHT) MILK IN MODERN MARKET BANDAR LAMPUNG CITY By Mita Fitria Dewi This study aimed to analyze consumer attitudes, decision making stage and patterns of purchasing, along with factors that influence their purchase of UHT milk. The research locations were selected purposively in four Modern Markets of Bandar Lampung, i.e Chandra Tanjung Karang, Hypermart Central Plaza, Boemi Kedaton Mall, and Chandra Kemiling. Respondents were taken using the accidental sampling method in four markets that consisted of 96 respondents. Data were analyzed descriptively to analyze the stages of decision making and patterns of purchasing. Fishbein multi-attribute analysis was used to analyze consumer attitudes, while multiple linear regression and linear logarithms was used to analyze factors that influence consumer purchases. The results showed that the highest attitudinal score was the attribute of expiration with value 18.54, while the lowest score was the price attributes with value 12.39. At the decision-making stage, consumers buy products through the family, they consider buying in the modern market because more variety of flavors, the most frequently purchased flavor variations are chocolate, and consumers are satisfied and intend to buy back UHT milk products. The purchasing pattern of UHT milk consumers is a necessity, the most purchased brand is Ultramilk, the most purchased size is 1000 ml with a purchase amount of 4 to 10 pieces and repurchase 3 to 4 times a month. Factors that significantly influence the purchasing are the price, income, and the number of family members. Key words: consumer attitudes, decision making, purchasing patterns, UHT milk.