PENGEMBANGAN LKS PEMISAHAN CAMPURAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Main Author: Nurul Insani, 1423025027
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58679/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58679/1/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58679/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58679/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS pemisahan campuran berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP Kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah desain 4D (Define, Desain, Develop, Disseminate). Penyusunan LKS dilakukan setelah melakukan studi kepustakaan dan studi lapangan sesuai dengan tujuan penelitian. Kevalidan LKS didasarkan pada hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi terhadap KI dan KD, model project based learning dan indikator keterampilan berpikir kritis dan validasi ahli pada aspek konstruk terhadap format LKS, pendekatan project based learning dan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, guru dan siswa diminta memberikan respon terhadap LKS hasil pengembangan. Respon guru meliputi aspek kesesuaian isi dan kemenarikan terhadap LKS hasil pengembangan. Respon siswa meliputi aspek kemenarikan terhadap LKS dan respon terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS hasil pengembangan. Hasil analisis menunjukkan validasi ahli dengan kategori sangat tinggi, respon iv Nurul Insani guru dan respon siswa terhadap LKS yang berkategori sangat tinggi dan adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan LKS berbasis project based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : LKS, materi pemisahan campuran, project based learning,