PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: TIA PARAMITHA , 1513024014
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58673/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58673/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58673/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58673/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok “Perubahan Lingkungan”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Natar dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain pretes-postes kelompok non-ekuvalen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi sains sebanyak sepuluh soal uraian yang mengikuti konstruksi pola pada soal Programme for International Assessment (PISA) dengan materi pokok perubahan lingkungan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal tersebut menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok perubahan lingkungan. Kata kunci: kemampuan literasi sains, perubahan lingkungan, Problem Based Learning