PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS
Main Author: | Catarina Maria Wilujeng Indri Poni Martini, 1423025004 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58672/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58672/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58672/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58672/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis discovery learning yang memiliki kelayakan (validitas), kemenarikan, keterlaksanaan dan keefektifan yang tinggi dalam meningkatkan self efficacy dan pemahaman konsep Sains siswa. Penelitian pengembangan ini meliputi tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan produk LKS dan uji coba, serta tahap pengujian produk LKS. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, skala dan tes. Teknik Observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Adapun teknik digunakan untuk memperoleh data self efficcy siswa dan digunakan untuk memperoleh data pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas LKS berbasis discovery learning dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan self efficacy dan pemahaman konsep sains siswa telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan; 2) Kepraktisan LKS berbasis discovery learning dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan self efficacy dan pemahaman konsep sains siswa memiliki keterlaksanaan sangat tinggi dan mendapat respon sangat tinggi dari siswa; 3) Keefektivan LKS berbasis discovery learning dalam pembelajaran sains dapat iii Catarina Maria WIPM meningkatkan self efficacy dengan self efficacy siswa yang meningkat terbukti meningkatkan pemahaman konsep sains siswa. LKS Discovery Learning sangat efektif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dapat meningkatnya self efficacy dan pemahaman konsep sains siswa. Penggunaan LKS discovery learning membuat siswa belajar lebih aktivitas. Dapat dikatakan pembelajaran dengan LKS discovery learning sangat efektif dalam meningkatkan self efficacy dan pemahaman konsep sains sebagai media pembelajaran. Kata kunci: LKS, Discovery Learning, Self Efficacy, Pemahaman Konsep Sains