PENGARUH AKTIVITAS MENGAJUKAN PERTANYAAN DAN JAWABAN PADA METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019)

Main Author: HESTI DESY ARIANTI , 1413021033
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58645/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58645/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58645/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58645/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas mengajukan pertanyaan dan jawaban pada metode PQ4R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VII F sebagai kelas sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah The One-Shot Case Study. Data penelitian aktivitas mengajukan pertanyaan dan jawaban diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran berlangsung dan data kemampuan komunikasi matematis diperoleh melalui tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat korelasi antara aktivitas mengajukan pertanyaan dan jawaban pada metode PQ4R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas mengajukan pertanyaan dan jawaban pada metode PQ4R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan koefisien determinasi sebesar 44,4% dan 50,8%. Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, pengaruh, PQ4R