PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
Main Author: | Yunisa Sari Pandela, 1513023021 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58571/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58571/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58571/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58571/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan di SMA Al – Azhar 3 Bandar Lampung ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X IPA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional, dan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik. Dilakukan analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kriteria effect size ‘besar’, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: Kemampuan berpikir krtitis, isu sosiosaintifik.