PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 TAMBAHREJO

Main Author: YANTI WAHYUNI, 1513053085
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58563/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58563/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58563/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58563/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tambahrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tambahrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan quasi experimental desain Nonequaivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tambahrejo. Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, tematik The problem in this research was the low learning result on students grade IV SD Negeri 2 Tambahrejo students. This purpose of this research to know the difference and influence apply of cooperative learning model in jigsaw type of thematic learning result on students grade IV SD Negeri 2 Tambahrejo. The research method used was a quesi-experimental design with Nonequaivalent control group design. Sampling in this research was purposive sampling. Data analysis using simple linear regression and T test. Based on analysis data result of this research was obtained conclussion the difference and influence apply of cooperative learning model with jigsaw type of thematic learning result on students grade IV SD Negeri 2 Tambahrejo. Key Words : cooperative learning jigsaw type, learning result, thematic