PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Main Author: Bella Nur Farida, 1513023027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58560/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58560/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58560/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58560/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA (Matematika dan Ilmu Alam) SMA N 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang tersebar dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran isu sosiosaintifik. Pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Indikator keterampilan proses sains siswa yang paling mudah ditingkatkan yaitu indikator mengelompokkan dan indikator yang sulit untuk ditingkatkan yaitu indikator menyimpulkan. Ukuran pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berkategori “besar”. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh besar dan positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: keterampilan proses sains, isu sosiosaintifik, effect size, larutan elektrolit dan non elektrolit.