EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Main Author: | RITA ARLINDA , 0743021044 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/58404/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/58404/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/58404/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/58404/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMPN 8 Bandarlampung. Dari 12 kelas sebagai populasi diambil secara acak dan didapat sampel penelitian yaitu kelas VII A dan VII B. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Posttest Control Design. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep berbentuk uraian yang diberikan sesudah pembelajaran (posttest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data pemahaman konsep dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t_hitung>t_(tabel.) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematika, TPS.