PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: ROSALIA APRI YANTI, 1513021084
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58343/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58343/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58343/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58343/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 268 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis yang berbentuk uraian pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PBL berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, problem based learning