PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Lumbok Seminung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: OKTA ZARINA , 1513021004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58342/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58342/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58342/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58342/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Lumbok Seminung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian pada materi perbandingan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Representasi Matematis