EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Main Author: NI MADE ARIESTANIATI, 1213021047
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58340/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58340/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58340/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58340/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Discovery Learning dibandingkan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 21 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning tidak efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, model pembelajaran Discovery Learning