EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MINYAK JELANTAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Main Author: Indah Ningtyas Andalas Putri, 1513023026
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58284/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58284/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58284/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58284/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 6 yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah dan kelas kontrol yaitu XI MIA 4 yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh n-gain rata-rata sebesar 0,73 (berkategori tinggi).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, minyak jelantah, pembelajaran berbasis proyek