HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI EKOSISTEM

Main Author: NUNING WIDYA ASTUTI , 1513024015
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58280/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58280/2/SKRISPI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58280/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58280/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 6 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, dan ulangan harian. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson dan regresi menggunakan program SPSS Statistics 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar (r=0,997; p 0,47<0,05), ada hubungan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar (r=0,755; p 0,050=0,05), dan tidak ada hubungan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung pada materi ekosistem (sig 0,301>0,05). Kata kunci: hubungan, praktikum, keterampilan proses sains, hasil belajar, ekosistem