PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI DIPADU STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Main Author: MEYRONITA FIRJA MKS, 1723021010
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58273/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58273/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58273/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58273/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran model inkuiri dipadu STAD yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, Uji-t dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model inkuiri dipadu STAD yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis. Selanjutnya rata-rata skor N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan pengembangan pembelajaran model inkuiri dipadu STAD lebih dari rata-rata skor N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru, sehingga pengembangan pembelajaran model inkuiri dipadu STAD efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: inkuiri, kemampuan berpikir kritis, STAD ABSTRACT This research is a development research that aims to produce inquiry learning models combined with STAD is valid, practical and effective for improving students critical thinking skills. This stage of development starts from a preliminary study, preparation of the development of learning, validation, preliminary field testing and main field testing. The population of the research were all students of grade VII of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in academic year of 2018/2019. The research data was obtained through observation, interviews, questionnaires, and tests of mathematical communication skills. The data analysis was using technique used is descriptive statistics, t-test and Mann Whitney-test . The results of the study show that the inquiry learning model combined with STAD developed has valid and practical criteria. Furthermore, the average score N-Gain of students critical thinking skills after being given the development of inquiry learning model was combined more than the average score N-Gain critical thinking skills of students who take conventional learning commonly used by teacher, so that the development of inquiry learning models combined whit STAD effective to improve students critical thinking skills. Kata kunci: inquiry, critical thinking skills, STAD.