EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH INFORMASI HOAX DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (TERKAIT BEBERAPA MAKANAN DAN MINUMAN)

Main Author: Eka Nurahmawati, 1513023039
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58261/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58261/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58261/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58261/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PBMIH dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretes-postes control group. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Gedongtataan dengan sampel penelitian yaitu: kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model PBMIH dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu: pada uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh nilai thitung sebesar 35,12 sedangkan ttabel sebesar 1,67, yang artinya nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas yang diterapkan model PBMIH lebih besar dari nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh n-gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,77 yang artinya berkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan komunikasi siswa, informasi hoax