ANALISIS KETERAMPILAN BERKOLABORASI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAUR ULANG MINYAK JELANTAH

Main Author: Ayu Rahmawati, 1513023005
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58254/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58254/2/2.%20Skripsi%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58254/3/3.%20Skripsi%20tanpa%20Bab%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58254/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berkolaborasi siswa pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah (PBPDUMJ). Metode penelitian yang digunakan adalah weak eksperimental dengan desain the one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIA 6, diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen nontes berupa lembar observasi. Data penelitian dianalisis persentase rata-rata skor indikator keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata indikator keseluruhan keterampilan kolaborasi sebesar 80,44% berkatagori sangat baik; sebagai berikut indikator ber-kontribusi secara aktif sebesar 68,88% berkatagori baik, indikator bekerja secara produktif sebesar 74,95% berkatagori baik, indikator menunjukkan fleksibilitas dan kompromi sebesar 80,73% berkatagori sangat baik, indikator mengelola proyek dengan baik sebesar 78,88% berkatagori baik, indikator menunjukkan si-kap menghargai sebesar 89.18% berkatagori sangat baik dan indikator menunjukkan tanggungjawab sebesar 90% berkatagori sangat baik. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, minyak jelantah, keterampilan berkolaborasi