HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: M. Andhika Saputra, 1443052011
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58253/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58253/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58253/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58253/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 175 siswa dan sampel penelitian berjumlah 35 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar dan skala komunikasi interpersonal. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dengan taraf signifikansi 5% antara regulasi diri dalam belajar dengan komunikasi interpersonal siswa, rhitung= 0,256 < rtabel= 0,274 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara regulasi belajar dengan komunikasi interpersonal siswa di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, meskipun hubungan tersebut tidak signifikan pada taraf signifikansi5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara regulasi diri dalam belajar dengan komunikasi interpersonal. Kata kunci : bimbingan dan konseling, komunikasi interpersonal, regulasi diri dalam belajar