EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH INFORMASI HOAX DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Terkait Beberapa Makanan Dan Minuman)

Main Author: Eka Sari Agustine, 1513023055
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58247/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58247/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58247/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58247/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax terkait beberapa makanan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA salah satu sekolah menengah atas di Gedongtatatan. Sampel dalam peneli-tian ini adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melaui teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest-Postest Control Group. Analisis data menggunakan uji statistik paramet-rik yaitu uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes di kelas eks-perimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata postes di kelas kontrol, serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang (0,53). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax terkait beberapa makanan dan minuman efektif dalam meninkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, informasi hoax, keterampilan berpikir kreatif